Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 25 Desember 2011

Asam Borak untuk Mengobati Infeksi Jamur pada Penderita Diabetes

aru-baru ini jurnal kedokteran Diabetes Care memuat sebuah penelitian yang menyatakan bahwa supositoria vaginal asam borak dapat mengobati infeksi jamur pada wanita penderita diabetes. Dr. Ravinder Goswami dari All India Institute of Medical Science di New Delhi menyatakan bahwa infeksi jamur vaginal pada wanita penderita diabetes sering disebabkan oleh sejenis jamur yang dikenal sebagai Candida glabrata yang kurang memberikan respon terhadap obat-obatan anti jamur oral.

Untuk mendapatkan obat yang lebih baik, para ilmuan dari institut tersebut secara acak memberikan salah satu dari dua jenis obat kepada 111 wanita penderita diabetes yang mengalami infeksi jamur vaginal. Obat yang diberikan tersebut adalah fluconazole dosis tunggal atau supositoria vaginal asam borak setiap hari selama 14 hari.

Tim peneliti menemukan bahwa hampir dua per tiga wanita penderita diabetes yang berperan serta dalam penelitian mereka juga menderita infeksi Candida glabrata. Pada kelompok yang mengalami infeksi jamur vaginal tersebut angka kesembuhan yang ditunjukkan oleh kelompok terapi supositoria vaginal asam borak adalah 64 persen sedangkan wanita yang mendapatkan terapi fluconazole hanya menunjukkan angka kesembuhan 29 persen.

Sebagai kesimpulan, para peneliti dari India tersebut menyatakan bahwa terapi supositoria vaginal asam borak harus dipertimbangkan sebagai terapi unggulan dalam mengobati infeksi jamur vaginal pada penderita diabetes.

Sumber: Kalbefarma | 26-Feb-2007 | INS


Tidak ada komentar:

Posting Komentar