Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 25 Desember 2011

Belajar Mengatasi Diabetes dari Lumba-lumba

California, Peneliti mencoba mempelajari bagaimana lumba-lumba mengatasi penyakit diabetesnya.

Dengan belajar dari mamalia ramah satu ini, obat diabetes baru pun bisa dikembangkan.

Peneliti menemukan bahwa lumba-lumba punya tipe penyakit diabetes yang sama dengan manusia dewasa. Tapi uniknya, lumba-lumba punya caranya sendiri untuk menonaktifkan atau mengaktifkan penyakitnya sendiri.

Penemuan ini bisa membuka jalan baru bagi peneliti untuk menyembuhkan penderita diabetes. Penyakit diabetes oleh lumba-lumba justru digunakan sebagai suatu cara untuk mengatasi kekurangan makan.

Meski penemuan ini sangat menarik, namun peneliti tidak berniat untuk memakai lumba-lumba sebagai bahan penelitiannya. Peneliti hanya akan mengambil sampel darah dan DNA lumba-lumba untuk dianalisis dan dikembangkan.

Diabetes terjadi ketika pankreas tidak bisa menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang cukup untuk mengatur kadar gula darah.

Pada manusia, diabetes bisa memicu penyakit jantung tapi pada lumba-lumba justru digunakan untuk mengatasi rasa lapar.

Ketika sedang tidak ada makanan atau puasa, lumba-lumba membuat dirinya mengalami resistensi insulin yang membuat glukosa tidak dilepaskan dari darah dan akhirnya otak tetap mendapat suplai energi. Tapi ketika makanan tersedia, mereka mematikan keadaan resisten insulin dan akhirnya gula darah bisa dikontrol lagi.

Seperti dilansir Dailymail, Sabtu (20/2/2010), Dr Stephanie Venn Watson dari National Marine Mammal Association, San Diego, California percaya bahwa diabetes ternyata berevolusi dari makhluk hidup sebelumnya. Dengan mempelajari teknik yang digunakan lumba-lumba, penyakit diabetes bisa diatasi dengan cara baru.

(fah/ir)

Sumber: health.detik.com | 20/02/2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar