Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 25 Desember 2011

Diabetes Lemahkan Tulang

Komplikasi penyakit diabetes tak hanya penyakit jantung, kerusakan ginjal kronik, kerusakan retina yang mengakibatkan kebutaan, kerusakan system saraf, dan kerusakan sel darah, yang dapat mengakibatkan disfungsi ereksi dan luka yang sukar sembuh.

Penelitian terbaru Alblowi et al yang berjudul High Levels of TNF-Contribute to Accelerated Loss of Cartilage in Diabetic Fracture Healing” pada jurnal Pathology edisi Oktober 2009 mengungkapkan bahwa penderita diabetes juga mengalami lambatnya proses penyembuhan tulang yang patah. Hal ini karena molekul penyebab radang TNF-_ berkontribusi untuk memperlambat penyembuhan patah tulang pada pasien diabetes.

Untuk menguji bagaimana diabetes berpengaruh pada tulang, Dr. Dana Graves dan koleganya dari Univerisy of Medicine and Dentistry of New Jersey dan The Boston University School of Medicine mengeksplorasi perbaikan tulang pada model seekor tikus diabetes. Mereka mengobservasi peningkatan level molekul penyebab radang, termasuk TNF-_ selama proses penyembuhan tulang patah.

Binatang pengidap diabetes cepat sekali kehilangan tulang rawan pada proses penyembuhan tulang, Diabetes merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak cukup memproduksi, atau merespon insulin, Penyakit ini berpengaruh setidaknya pada 171 juta orang di dunia, dan jumlahnya akan meningkat dua kali lipat pada 2030.

Sumber: Korantempo.com

1 komentar: