Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 25 Desember 2011

Kontrol Gula Darah lewat Ponsel

Ilustrasi:Sony mylo COM-2 Personal Communicator (Black)

Georgetown University, Amerika Serikat bersama Science Application International Corporation (SAIC) dan perusahaan teknologi Gentag, mengembangkan sebuah teknik pemanfaatan ponsel untuk merawat pasien diabetes.

eknik ini memakai lapisan fleksibel di kulit dengan sensor nirkabel untuk memonitor level glukosa darah, untuk kemudian datanya ditransmisikan ke ponsel. Dengan data tersebut, ponsel dapat mengontrol pasokan insulin untuk merawat pasien diabetes dari jarak jauh.

Piranti tersebut juga diklaim mampu memonitor darah pasien diabetes selama 24 jam penuh. Hanya saja, belum diungkapkan tanggal pasti peluncuran teknologi ini.

Penelitian yang didanai Defense Advanced Research Projects Agency itu sebenarnya ditujukan untuk memonitor tentara di medan perang, namun kemudian juga dikembangkan bagi pasien diabetes.

“Kami berharap sensor baru yang tidak menyakitkan ini akan mempermudah pemantauan diabetes,” demikian kata presiden Gentag, John Peeters seperti dikutip detikINET dari CNet, Jumat (20/6/2008).

Sumber: detikcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar