Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 25 Desember 2011

Penderita Diabetes Diharap Berhati-hati Saat Lebaran

Sekitar 14 juta warga Indonesia terdata menderita diabetes atau kencing manis. Separuh dari jumlah itu bahkan tak menyadari bahwa dirinya mengidap diabetes. Padahal penyakit ini tak dapat disembuhkan dan menuntut diet makanan rendah gula.

Andi Krisnanto misalnya, sudah hampir 11 tahun menderita diabetes. Ia harus menyuntikkan insulin sebanyak dua kali dalam sehari. Berdasarkan pengalamannya, asupan gula dan karbohidrat harus dikurangi untuk menekan penyakit ini. Sementara porsi protein dan sayuran harus ditambah.

Hal tersebut diamini pakar diabetes dokter Sidartawan Soewondo. Penderita diabetes harus membatasi asupan gula. Sidartawan juga mengimbau para penderita diabetes untuk disiplin memilih makanan dan selalu menghitung jumlah kalori. Apalagi saat Lebaran yang biasa menyajikan makanan manis.

Sidartawan kembali menegaskan bahwa diabetes bukanlah penyakit menular. Namun penyakit yang diwariskan melalui garis keturunan ini akan semakin parah bila pasien menjalani gaya hidup yang salah. Jadi, penderita diabetes harus teliti memilih makanan yang hendak disantap.(TOZ/Kurnia Supriyatna)

Sumber: Liputan6.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar